Bahasa Nias

Bahasa Nias, atau Li Niha dalam bahasa aslinya, adalah bahasa yang dipergunakan oleh penduduk di Pulau Nias. Bahasa ini merupakan salah satu bahasa di dunia yang masih belum diketahui persis dari mana asalnya.

Bahasa Nias merupakan salah satu bahasa dunia yang masih bertahan hingga sekarang dengan jumlah pemakai aktif sekitar setengah juta orang. Bahasa ini dapat dikategorikan sebagai bahasa yang unik karena merupakan satu-satunya bahasa di dunia yang setiap akhiran katanya berakhiran huruf vokal. Bahasa Nias mengenal enam huruf vokal, yaitu a,e,i,u,o dan ditambah dengan ö (dibaca dengan “e” seperti dalam penyebutan “enam” ).

Penulisan

Untuk menulis sebuah kalimat dalam bahasa nias, harus memperhatikan beberapa aturan 1. Dalam penulisan kata yang terdapat huruf double harus menggunakan tanda pemisah (‘) contoh kata : Ga’a ( abang.) 2. Semua kata dalam bahasa nias asli selalu ditutup oleh huruf vokal. CONTOH KALIMAT DALAM BAHASA NIAS “omasido khömö soroi ba dödö gu”  yang artinya “Aku menyukaimu dengan sunguh-sunguh”. “io tarai ia da’a irugi wa’ara waomasi gu khömö” yang artinya “Mulai saat ini hingga selama-lamanya sayang ku pada mu”. “Ha’wa lö’ö tema li gu” yang artinya “Kenapa kamu tidak menjawab ucapanku”.

Setiap kosa kata bahasa nias pasti memiliki huruf “ö” memiliki bunyi /e/ dan “ŵ” memiliki bunyi /w/ untuk pengucapannya bisa kamu lihat ja di yotube 😀

Kosa kata

Beberapa kosa kata bahasa Nias dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

  • Ya’ahowu = Biarlah engkau diberkati, bisa juga digunakan sebagai ucapan salam
  • Tanö Niha = Pulau Nias
  • Li Niha = Bahasa Nias
  • A
  • Abeto = Hamil
  • Abila = Bengkok
  • Aböu = Bau
  • Abua / Awua = Berat
  • Adogo = Pendek
  • Aetu = Putus
  • Afeto = Pahit
  • Afökhö = Perih
  • Afuo = Kurus
  • Ahakhö = Terkikis
  • Ahe = Kaki
  • Ahono = Tenang, Diam
  • Ahori = Habis
  • Aine = Mari
  • Akho = Arang
  • Akhi = Adik
  • Alawa = Tinggi
  • Aleu = Layu
  • Alifa = Lipan (Kelabang)
  • Alio = Cepat
  • Alisi = Pundak
  • Alösö = Licin
  • Alögö = Gelap
  • Ama = Bapak
  • Ana’a = Emas
  • Anau = Panjang
  • Asio = Garam
  • Asolo = Gemuk
  • Asu = Anjing
  • Atarö = Tajam
  • Ate = Hati
  • Atulö = Benar, Betul
  • Aukhu = Panas
  • Auri = Hidup
  • Awena = Barusan
  • B
  • Ba’i = Jenis Kelamin Pria
  • Baero = Luar
  • Bakha = Dalam
  • Bakhu = Ikan Lele
  • Bana = Benang
  • Banio / Sekhula = Buah Kelapa
  • Banua = Kampung
  • Baru = Baju
  • Baso = Baca
  • Baloi = Tunggu
  • Baẃa = Bawang
  • Baẃa = Bulan
  • Bawa = Muka / Mulut
  • Be’e = Beri
  • Bekhu = Hantu
  • Belewa = Parang
  • Betua = Perut
  • Bongi = Malam
  • Bowoa = Periuk
  • Bu = Rambut
  • Bu’ulölö = “Marga Bu’ulölö”
  • Bua = Buah
  • Buku = Buku
  • C
  • D
  • Dadaoma = Tempat Duduk
  • Dalinga = Telinga
  • Dalu-dalu = Obat-obatan
  • Dania = Nanti
  • Daro-daro = Tempat Duduk
  • Darua = Berdua
  • Duria = Kabar
  • Teu = Hujan
  • E
  • Ebua = Besar
  • Efaö = Lepaskan
  • Emali = Maling
  • Enaö = Supaya
  • F
  • Fa’udu = Berantem
  • Fabali = Pisah
  • Fagamöi / Fazökhi = Memperbaiki
  • Fagölö = Sama, Mirip
  • Fahöna = Berbekal
  • Faigi = Lihat
  • Fakhili = Mirip
  • Fakhili – khili = Mirip
  • Falakhi / Falukha = Jumpa / Ketemu / Bertemu
  • Fama’ala = Jebakan
  • Famakao = Penyiksaan
  • Famakhai = Hubungan
  • Famati = Iman
  • Fao = Ikut
  • Faoma = Sama
  • Faomasi = Kasih
  • Felai = Jilad
  • Fena = Pulpen
  • Fera’ö = Peras
  • Fili = Pilih
  • Fofo = Burung
  • Fuli = Kembali
  • G
  • Ga’a = Abang
  • Gae = Pisang
  • Gambara = Gambar
  • Garawa = Baskom
  • Gaso = Kasur
  • Gasa-gasa = Sementara
  • Ga’wu = Pasir
  • Ga’we = Nenek
  • Gawökhu / Afökhu = Empedu
  • Gefe = Duit
  • Gefe Gu = Duit Ku
  • Gelera = Kelereng
  • Gowi = Ubi
  • Gowasa = Pesta
  • Gowasa = “Marga Gowasa”
  • Gulö = “Marga Gulö”
  • Gulö = Ular
  • Gulo = Gula
  • Guti = Gunting
  • Göna (Bua Göna) = Kenak (Buah Nenas)
  • H
  • Hadia Duria? = Apa Kabar?
  • Halawa = “Marga Halawa”
  • Halawa = Hanya Diatas
  • Halö = Ambil
  • Hamega = Kapan
  • Hana = Kenapa
  • Haniha Manö Nawö Mö? = Siapa Aja Teman Mu?
  • Haniha Nawö Mö? = Siapa Teman Mu?
  • Hanu-hanu = Nafas
  • Harefa = “Marga Harefa”
  • Harita = “Marga Harita”
  • Harita = Kacang
  • Hauga Bözi? = Jam Berapa?
  • Hawa’ara = Berapa Lama
  • Hezo möi’ö? = Mau kemana?
  • Hezo So’ö? = Kamu Lagi dimana?
  • Hondrö = “Marga Hondrö”
  • Horö = Dosa
  • Hörö = Mata
  • Hötu = Kentut
  • Huku = Hukum
  • I
  • Ia da’a = Sekarang Ini
  • Idanö = Air
  • Ikhu = Hidung
  • Ina = Mamak
  • J
  • Jaji = Janji
  • K
  • Kaliru = Ribut
  • Koda, Foto = Gambar
  • Kurusi = Bangku/Kursi
  • L
  • Lafulö = Diperas Sambil Diputar
  • Lala = Cara, Jalan
  • Laluo = Siang
  • Langu = Racun
  • Lakha = Janda
  • Lawe = Wanita
  • Li = Suara / Bahasa
  • Li = Suara
  • Lö Nasa = Belum
  • Lölö = Ampas
  • Lö’i = Marga Lö’i
  • Löfi-löfi / Löwi-löwi = Pinggang
  • M
  • Mabu = Mabuk
  • Maifu = Sedikit
  • Ma’igi = Tertawa/Ketawa
  • Mako = Cangkir , Galasi = Gelas
  • Managö = Mencuri
  • Manere = Miring
  • Manga = Makan
  • Manifi = Mimpi
  • Manörö-nörö = Jalan-jalan
  • Manu = Ayam
  • Maoso = Bangun
  • Maena = Tari
  • Mba’a = Bak
  • Me’e = Menangis
  • Mendrefa = Marga Mendrefa
  • Mofökhö = Sakit
  • Mozizio / Mosindro = Berdiri
  • Mörö = Tidur
  • N
  • Nawö = Teman
  • Nawö Bawa’auri = Teman Hidup
  • Nomo = Rumah bisa juga “Omo”
  • Nukha = Kain
  • O
  • Ofulo = Ngumpul
  • Omasi do = aku suka / aku mau
  • Omasi’ö = disayangi
  • Omasi = suka / mau
  • Ono = Anak
  • Ono Alawe = Anak Perempuan
  • Ono Matua = Anak Laki-laki
  • Orahu = Rapat
  • Orifi = Hidupkan
  • Oroma = Kelihatan / Terlihat
  • Owulo = Bulat
  • P
  • Pade = Hebat
  • Q
  • – – – –
  • R
  • Rabuta = Buah Rambutan
  • Raga-Raga = Tempat Ayam Dari Bambu (Kandang Ayam)
  • Rasoi = Rasakan
  • Raso = Rasa
  • Ratigae = Pisang Goreng
  • Resileti = Resleting
  • Rigi-rigi = Jagung
  • Röfa (tadra röfa) = Salib (tanda salib)
  • Roko = Rokok
  • Rorogö = Jaga
  • Roti = Roti
  • Rugi = Rugi
  • S
  • Salidi = Kangkung
  • Sami = Yang Enak
  • Safeto = Yang Pahit
  • Silö mudöna-döna = Tidak disangka-sangka
  • Sanagö = Pencuri
  • Saraewa = Celana
  • Saohagölö = Terimakasih
  • Sökhi / Baga = Bagus/Baik/Cantik
  • Sukhu = Sisir
  • T
  • Te’u = Tikus
  • Tako = Peluk
  • Tabaloi = Kita Tunggu
  • Tafönaö = “Marga Tafönaö” artinya “Yang Didahulukan atau Terdahulu”
  • Talifusö = Saudara
  • Talunohi = “Marga Talunohi” artinya “Batang Pohon Kelapa” 😀
  • Tajira = “Marga Tajira” artinya “Kelihatan, atau Kita dapat melihat”
  • Tanga = Tangan
  • Tanö Owi = Sore
  • Tebai = Tidak Boleh/Bisa
  • Telaumbanua = “Marga Telaumbanua” artinya “Pemimpin Desa/Kampung”
  • Tenga = Bukan
  • Tesendra = Ketemu (Sesuatu benda yang dicari = Ketemu)
  • Tola = Boleh/Bisa
  • Tötö`a = Dada
  • Tundraha = Sampan/Perahu
  • Tuo Nifarö = Tuak Suling
  • U
  • Uma = Cium
  • Umbu = Sumber
  • Undre = Kunyit
  • V
  • W
  • Wa’auri = Kehidupan
  • Wau = “Marga Wau”
  • Wakho = “Marga Wakho”
  • Waoma = “Marga Waoma”
  • Waruwu = “Marga Waruwu”
  • Wehalö = “Marga Wehalö” artinya “Mengambil”
  • Warsi = “Marga Warasi”
  • Warae = “Marga Warae”
  • Wohe = “Marga Wohe”
  • X
  • Y
  • Ya`ugö = Anda, Kamu
  • Ya’o = Aku, Saya
  • Yawa = Diatas
  • Yawa ba Zorugo = Diatas Surga
  • Z
  • Zagötö = “Marga Zagötö”
  • Zai = “Marga Zai”
  • Zalukhu = “Marga Zalukhu”
  • Zalögö = “Marga Zalögö” artinya “Gelap”
  • Zamago = “Marga Zamago”
  • Zamasi = “Marga Zamasi”
  • Zamili = “Marga Zamili”
  • Zamauze = “Marga Zamauze”
  • Zandroto = “Marga Zandroto” artinya “Sepenggal atau Sebagian” atau persamaan dengan dua kata tersebut.
  • Zebua = “Marga Zebua” artinya “paling besar”
  • Zega = “Marga Zega”
  • Zendratö = “Marga Zendratö”
  • Zidomi = “Marga Zidomi”
  • Ziliwu = “Marga Ziliwu”
  • Ziraluo = “Marga Ziraluo”
  • Zorugo = Surga
  • Zörömi = “Marga Zörömi” artinya “Cermin”

By: Rivalry Hondro

76 thoughts on “Bahasa Nias

  1. 1. Omasido khomo louila moro nalo urong limo
    2. Hadia mano niwao wao me andro tola mane nayaiya

    itu rtnya apa yah min.. adek kls yg lgi dket sma saya ngmng itu tpi saya ngg ngertiii…dibales yah min..

    • 1. Aku suka kamu, Aku tidak bisa tidur bila tidak dengar suara mu
      2. Kamu bilang apa sih.., entah benar semua yang kamu bilang.

      sip juga kamu nulis bahas niasnya ya..

  2. Bahasa nias nya, “ini apa?”
    dan bahasa nias nya, “bahasa nias nya ‘blablabla’ apa?”
    apa ya???

  3. aku lagi suka sama orng Nias, mrga Zalukhu 😀
    mau bilang, “kapan kau bisa suka sm aku” itu apa ?

  4. Kak, kalw bhasa nias ..
    Aku ingin cinta yg tulus dari mu
    Bukan cinta yg pura-pura..
    Apaan kak bhasa nias nya.tolong y kak.

  5. tolong donk kasih tau ada ngga cara belajar bahasa nias yg kilat khusus… jadi cepat tau cepat bisa? pengen banget bisa ngerti kalau dengar orang ngmng…

  6. Yaahowu Ono niha.
    ada yg mau saya tanya admin, apa bahasa indonesianya : Bulu Sôfô-sôfô yg biasanya di gunakan untuk obat² tradisional gitu.
    tolong di bantu saya admin
    saohagôlô.

    • aduh kurang tahu juga apa dalam bahasa indonesianya, cara nya biar orang tahu nama daunnya dalam bahasa indonesia apa? saudara bisa foto aja jenis atau daunnya seperti apa, selanjutnya upload di facebook anda.

  7. Bang, aku lagi dekat dengan orang Nias nih.
    Boleh tolong terjemahkan ke bahasa Nias, bang, “Semangat ya ujiannya!” & “Semoga kamu sehat selalu”?
    Saohagölö.
    Ya’ahowu!

  8. Aku orang nias tapi gak bisa bahasa nias kk,pingin banget bisa bahasa nias,ajarin kk,ad pin bb kk bagi dong

  9. Itoro mano niwao’u no ama-ina , yao fasalaa meno’u falua
    Ini artinya apa ya? Aku ada kawan org nias dia bikin status begini..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s