Sebuah Data di Katakan Aman

Pengamanan data yang memiliki informasi yang sangat penting sangat di butuhkan terlebih-lebih pada era keterbukaan digital pada saat ini, ada beberapa teknik pengamanan data yang umumnya sering digunakan yaitu Teknik Kriptografi dan Steganografi.

Dengan asumsi sebuah data yang memiliki informasi yang bersifat penting akan LEBIH AMAN jika di terapkan ke dua teknik pengamanan tersebut yang pastinya dengan menggunakan algoritma maupun metode terbaik dari masing-masing teknik. Kenyataannya tidak “SEBENARNYA DATA BELUM BISA DIKATAKAN AMAN”

Sebuah Data di Katakan Aman dengan diterapkannya Teknik Pengamanan, dapat di ilustrasikan seperti cerita berikut ini:
“Sebuah rumah mewah yang berisi peralatan-peralatan yang sangat berharga didalam nya, pertama pemilik rumah akan membangun pagar setinggi mungkin menghindari orang yang tidak berkepentingan (Pencuri) masuk dalam rumah, kedua memasang jerjak besi didepan pintu maupun depan jendela, seluruh teknik ini tujuannya untuk tujuan mengamankan rumah.”
Pertanyaannya apakah rumah nya sudah aman? “BELUM”
maka pemilik rumah akan dituntut untuk menerapakan teknik pengamanan yang sifat nya pengawasan, yaitu dengan memasang CCTV dan membuat Pos Keamanan didalam rumah.

Dari ilustrasi cerita diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwasannya sebuah Teknik Pengamanan dikatakan “AMAN” jika dibarengi dengan Teknik Pengawasan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s