PROGRAM SEDERHANA JAVA

java-hondro

Sebelum memulai membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan Java, pastikan terlebih dahulu Anda melakukan instalasi JDK yang terbaru, dan JRE-nya. Bisa Download Software nya Di Sini

Agar dapat menggunakan program-program JDK, Anda harus melakukan pengesetan Enviroment Variabel pada Sistem Operasi  (Windows) yang Anda  Gunakan, seperti berikut:

  1. Masuk kedalam Control Paneldengan cara klik menu Start | Settings | Control Panel
  2. Pilih System
  3. Setelah Tampil System Properties, klik tab Advanced
  4. Selanjutnya klik tombol Enviroment Variabels.
  5. Pada jendela Enviroment Variabels pada bagian System Variabels (bagian bawah), cari variabel bernama path yang pada bagian valuenya terdapat C:\WINDOW\system32;C:\WINDOWS; selanjutnya klik ganda pada variabel tersebut.
  6. Setelah mengklik ganda variabel tersebut, akan muncul sebuah jendela kecil untuk melakukan editing isi variabel path. Tambahkan direktori bin dimana JDK Anda diinstal. Contoh:  ;C:\Program File\Java\jdk1.6.0_14\bin copy dan pastekan di Variabel Valuenya.
  7. Setelah selesai   melakukan editing, tekan tombol OK beberapa kali hingga jendela System Properties juga tertutup.
  8. Untuk mengaktifkan path tersebut, Anda dapat me-restart komputer Anda.
Adapun kegunaan melakukan Setting Path ini berguna disaat melakukan kompilasi melalui Command Prompt atau jendela console jadi Anda tidak perlu repot-repot berulang kali menuliskan direktori tempat kompiler Java berada. Anda hanya perlu mengetikkan nama kompilernya. Anda dapat membuat juga sebuah direktori khusus untuk latihan, misalnya seperti Saya buat latihan_java. 

Menulis Listing Program Anda dapat membuat program Java dengan mengunakan notepad, notepad ++, Dreamwaver, NetBeans dan sebagainya.
Disini saya akan menggunakan notepad untuk membuat progaram program Java secara sederhana:

//latihan java

public class hallo {
public static void main(String[] args)
{ 
     System.out.println("Hallo Rivalry,,, Selamat Datang Di JAVA....!!!");
}
}
Setelah program java tersebut diketik harap diperhatikan sewaktu melakukan proses penyimpanan dengan melakukan notepad karna bahasa java menghendaki source codenya berektesni .java Karena itu, anda harus menyimpannya dengan tipe All Filesdan menamai filenya dengan cara memberikan tanda petik ganda seperti berikut ini; “hallo.java” seperti pada gambar berikut:
R1
Nama file source code Java harus sama dengan class utama yang didefenisikan dalam listing. Jika tidak sama, maka akan terjadi error sewaktu kompilasi. Bahasa Java juga bersifat case sensitive, yaitu membedakan antar huruf besar dan huruf kecil.

KOMPILASI DAN MENJALANKAN PROGRAM

Setelah melakukan penulisan program sekarang tiba saatnya melakukan kompilasi program supaya source code yang Anda ketikkan tadi diterjemahkan menjadi Bytecode
oleh Java sehingga dapat dijalankan. Untuk melakukan proses tersebut, bukalah console (command prompat) melalui menu Run dan ketikkan command atau cmd dan tekan tombol OK. Selanjutnya, masukkan ke direktori khusus tempat Anda menyimpan program Anda tadi, contohnya dapat dilihat gambar:

sasa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s